Timnas Indonesia berselebrasi merayakan gol.
News

Shin Tae Yong Minta Pemain Timnas Tak Puasa, Apa Alasannya

  • STY mengaku sulit mengizinkan anak asuhnya berpuasa saat pertandingan. Hal ini karena pemain perlu makan dan minum di jam tepat waktu untuk menjaga stamina.
News
Ties

Ties

Author

JAKARTA—Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY), meminta para pemain Timnas yang beragama Islam agar tidak berpuasa selama FIFA Matchday melawan Burundi. Hal itu untuk menjaga kondisi penggawa Tim Garuda agar bisa fit saat pertandingan. STY bakal berdiskusi dengan pemimpin agama terkait masukannya tersebut. 

Sebagai informasi, Timnnas bakal melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Awal bulan puasa diperkirakan muai 23 Maret 2023. STY mengaku sulit mengizinkan anak asuhnya berpuasa saat pertandingan. Hal ini karena pemain perlu makan dan minum di jam tepat waktu untuk menjaga stamina.  “Kalau tanpa makan tapi harus lari dan bertanding, itu agak sulit buat pemain,” ujar STY, dikutip Selasa 21 Maret 2023. 

Pelatih asal Korea Selatan itu akan berkoordinasi dengan pemuka agama untuk membahas puasa pemain Timnas. Dia berharap para pemain bisa mengganti puasanya pada hari lain. Hal itu dinilai jamak dilakukan para atlet internasional dalam persiapan menghadapi event khusus selama Ramadan. 

“Mungkin hari-hari yang tidak puasa bisa diganti setelah periode puasa. Ini mau saya bicarakan lagi dengan pemain dan pemimpin agama,” ujar STY. 

Timnas Indonesia sudah memulai pemusatan latihan jelang melawan Burundi pada Senin 20 Maret 2023. Ada 28 pemain yang dipanggil STY, mayoritas beragama Islam. 

Pemusatan latihan digelar berbarengan dengan Timnas U-20 yang tengah bersiap menjalani agenda serupa di Korea Selatan jelang tampil di Piala Dunia U-20 2023.