Aktivitas Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021
Gaya Hidup

Siaga Bencana Alam, Barang Ini Harus Ada dalam Emergency Kit!

  • Inilah barang-barang yang harus dipersiapkan di emergency kit mulai dari sekarang agar lebih siap dan waspada terhadap adanya bencana alam.
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Indonesia terletak di dua rangkaian pegunungan besar dunia, yaitu pegunungan sirkum Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik. Hal tersebut tentunya harus membuat warga Indonesia lebih waspada terhadap potensi bencana alam seperti gempa bumi dan erupsi atau gunung meletus. Salah satu cara mempersiapkan adalah dengan memiliki tas emergency kit.

Saat Anda bertempat tinggal di suatu daerah, ada baiknya untuk melakukan observasi terlebih dahulu mengenai potensi bencana apa saja yang bisa terjadi. Jika Anda sudah mengetahuinya, Anda bisa mulai merumuskan rencana evakuasi dan rencana perlindungan untuk diri Anda sendiri, keluarga, dan orang lain di rumah. 

Jika daerah tempat Anda tinggal berisiko atau memiliki potensi terdampak bencana yang berasal dari gunung berapi, cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga Anda adalah dengan mengikuti saran dari pejabat setempat. Pihak berwenang juga akan memberikan Anda informasi mengenai cara mempersiapkan diri menghadapi letusan gunung berapi, cara mengungsi atau meninggalkan area atau berlindung di tempat Anda berada.

Anda juga perlu untuk mempersiapkan diri saat berlindung atau mengungsi. Seperti yang dilansir dari laman CDC, berikut persiapan dan barang-barang yang harus mulai Anda persiapkan dari sekarang sebelum bencana alam terjadi. 

  1. Air
  2. Makanan yang awet, setidaknya bisa awet sampai tiga hari dan tidak mudah busuk
  3. Radio bertenaga baterai
  4. Senter
  5. Perlengkapan pertolongan pertama serta obat-obatan
  6. Masker atau masker debu untuk membantu menyaring udara yang terkontaminasi
  7. Baterai ekstra
  8. Peluit, untuk membuat isyarat minta tolong
  9. Handuk, handuk basah, kantong sampah, plastik untuk sanitasi pribadi
  10. Kunci atau tang
  11. Pembuka kaleng manual untuk membuka bantuan makanan yang dikemas dalam kaleng
  12. Peta lokal
  13. Ponsel dengan pengisi daya dan baterai cadangan atau power bank

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan tambahan seperti kantong tidur atau selimut, korek api, kertas dan pensil karena tulisan yang ditulis menggunakan pensil tidak akan luntur terkena air, uang tunai, obat resep, dan dokumen penting seperti polis asuransi, catatan rekening bank, dan sebagainya.

Tidak hanya mempersiapkan saja, Anda juga perlu memelihara emergency kit Anda dengan baik dan benar. Untuk makanan kaleng, tempatkan pada area yang sejuk dan kering. Simpan makanan dalam kotak atau wadah plastik atau logam yang tertutup rapat. Anda juga perlu memeriksa tanggal kedaluwarsa lalu ganti sesuai kebutuhan.

Tas yang berisi emergency kit ini harus ditempatkan pada 3 lokasi berbeda, yaitu rumah, tempat kerja, dan mobil. Untuk emergency kit yang diletakkan di dalam rumah, Anda perlu menyimpannya di tempat yang mudah diraih, dan pastikan semua anggota keluarga mengetahui di mana emergency kit disimpan. 

Emergency kit yang dibawa ke lokasi kerja juga harus dapat membantu Anda untuk berlindung setidaknya selama 24 jam. Bawalah makanan, air, dan obat-obatan dalam kotak yang mudah dibawa. Anda juga perlu membawa emergency kit ini di mobil, jika suatu saat Anda terdampar dan tidak kunjung mendapatkan pertolongan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 08 Dec 2021