Jogja

SMP Stella Duce 1 Yogyakarta Gelar Karya Kelas IX dan Gelar Karya P5 Tema Kewirausahaan Kelas VII

  • YOGYA, Jogjaaja.com SMP Stella Duce 1 Yogyakarta menyelenggarakan Gelar Karya Kelas IX dan Gelar Karya P5 Tema Kewirausahaan Kelas VII. Kedua acara tersebut dil
Jogja
mala

mala

Author

YOGYA, Jogjaaja.com SMP Stella Duce 1 Yogyakarta menyelenggarakan Gelar Karya Kelas IX dan Gelar Karya P5 Tema Kewirausahaan Kelas VII. Kedua acara tersebut dilaksanakan di Aula Unit 1, Halaman Unit 1, dan Lapangan Indoor Unit 2 SMP Stella Duce 1 Yogyakarta, Selasa (19/3/2024).

Gelar Karya Kelas IX mengusung tema “Harmonisasi Seni dan Kreasi”, sedangkan Gelar Karya P5 Tema Kewirausahaan Kelas VII mengambil judul “Gebyar UKM”. Kedua acara tersebut merupakan kegiatan rutin dan wajib yang harus diikuti 178 peserta didik kelas IX sebagai bentuk penilaian Ujian Praktik lintas mata pelajaran dan 159 peserta didik kelas VII sebagai bentuk penilaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema ketiga.

Wakil Kepala SMP Stella Duce 1 Yogyakarta Bidang Kurikulum, Brigitta Andriani Lestari mengatakan, kegiatan Gelar Karya Kelas IX bertujuan meningkatkan kreativitas, mengembangkan jiwa kewirausahaan, dan meningkatkan rasa cinta budaya lokal pada peserta didik.

Sedangkan kegiatan Gelar Karya P5 Tema Kewirausahaan Kelas VII bertujuan untuk mendukung pola belajar dan pola berpikir kritis, kreatif, inovatif, solutif, bergotong royong, dan bekerja sama di era global dan menumbuhkan kecakapan generasi muda khususnya peserta didik kelas VII yang terampil dalam berwirausaha sejak dini.

"Pada Gelar Karya Kelas IX, peserta didik menampilkan live performance kelompok band per kelas dan menjual hasil karya batik buatan sendiri serta produk olahan bioteknologi sebagai bentuk perwujudan ekonomi kreatif," jelasnya.

Pada Gelar Karya P5 Tema Kewirausahaan Kelas VII, peserta didik melakukan presentasi dan pameran hasil karya berupa kriya, boga, atau flora, di stand mereka masing-masing kepada para pengunjung yang terdiri dari warga sekolah, tamu undangan dari Yayasan Tarakanita dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta, serta orang tua.

"Setelah berproses selama kurang lebih 1 minggu bersama guru-guru narasumber dan fasilitator dan mendapat pendampingan tentang ekonomi kreatif, berbagai produk olahan dan budidaya, desain packaging ramah lingkungan, digital marketing, dan harga jual serta melakukan observasi dan berinteraksi langsung dengan para penjual di Teras Malioboro sebagai bagian dari kegiatan P5 Tema Kewirausahaan, mereka menjual beraneka ragam produk dan makanan minuman, seperti nasi cokot, pop bread caramel, fruit sando, es seruni, FWCC (Fruit with Chocolate Coating), CIJAK (Cireng Bumbu Rujak), momochi, La Coquette Key Chain and Bracelet, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Menurutnya, gelar karya dan P5. Sesuatu yang berbeda namun hakikatnya sama. Project-based, kerennya, dimana anak-anak SMP Stella Duce 1 Yogyakarta, bukan hanya berolah pikir namun juga berolah rasa, olah kata, juga budaya. Belajar entrepreneurship dan mengasah leadership dalam nuansa yang mengembangkan friendship.

"Bukan hanya pamer karya tapi bagaimana anak-anak berolah rasa, beradu kata dan logika dalam menentukan apa, mengapa, dan bagaimana. Dan akhirnya semua pergulatan yang ada “terhidang” dalam makanan dan minuman berbagai rasa yang menggugah selera. Ada pula pameran batik beraneka warna yang cantik dan ciamik dalam gelar artistik dan balutan seni akustik dan gerak-gerak energik sebagai olah fisik. Inilah kami, yang belajar dan mengajar dengan hati," katanya. (*)