Jogja

Sosialisasi Pemilihan Calon Ketua ISEI Yogyakarta 2023-2026

  • YOGYA - ISEI Cabang Yogyakarta  menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dan dilajutkan dengan buka puasa bersama (bukber)  di Alra Corner, Yogyakart
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - ISEI Cabang Yogyakarta  menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dan dilajutkan dengan buka puasa bersama (bukber)  di Alra Corner, Yogyakarta (Selasa, 11/04/23). Dalam rakor tersebut dibicarakan sejumlah agenda terkait pelaksanaan program kerja tahun 2023. Agenda termaksud antara lain Syawalan/Halal bi Halal 1444H, Sidang Pleno ISEI dan Semnas 2023 di Bengkulu, Pelatihan/Lokakarya, Riset/Dikusi/Seminar dan Pemilihan Ketua ISEI Cabang Yogyakarta periode 2023-2026.

Berkaitan dengan rencana pemilihan ketua tersebut, dalam rakor telah diputuskan tahapan pemilihan. Untuk diketahui, kepengurusan ISEI Cabang Yogyakarta periode 2020-2023 yang diketuai oleh Eko Suwardi akan berakhir pada bulan November 2023.  Adapun tahapan termaksud sebagai berikut: (1) Mei 2023: sosialisasi berakhirnya kepengurusan periode 2020-2023. (2) Juni s/d Juli 2023: penjaringan bakal calon (balon) ketua. (3) Agustus 2023: penetapan balon ketua (3-5 balon). 

(4) September 2023: Sosialisasi balon ketua. (5) Oktober 2023: pemilihan  ketua (sekaligus ketua tim formatur) dan anggota tim formatur. (5) November 2023: penyusunan kepengurusan periode 2023-2026 oleh tim formatur. (6) Desember 2023: pelantikan/pengukuhan Ketua dan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta oleh Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI Perry Warjiyo (Gubernur BI).

“Tahapan proses pemilihan  ketua tentu sangat baik agar seluruh pengurus dan anggota dapat terlibat serta berpartisipasi dan proses tersebut”, ujar Lincolin Arsyad selaku Ketua Dewan Penasehat ISEI Cabang Yogyakarta. Namun demikian, Lincolin yang juga Guru Besar FEB UGM tersebut berharap pemilihan ketua dapat dilakukan secara musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Musyawarah adalah tradisi yang dilakukan dalam permilihan ketuaISEI Cabang Yogyakarta selama ini”, tegas Edy Suandi Hamid (Guru Besar FBE UII/Rektor UWM Yogyakarta) selaku Ketua Dewan Pakar ISEI Cabang Yogyakarta mengingatkan. Menurut Edy, sosialisasi dan penjaringan balon penting agar dapat memunculkan balon ketua yang mencerminkan aspirasi dari anggota.

“Sebaiknya segera dibentuk tim kecil panitia pemilihan agar proses tahapan pemilihan dapat berjalan sesuai dengan jadwal”, saran Budiharto Setyawan (Kepala Kentor Perwakilan BI DIY) selaku ex officio Ketua Dewan Pegarah dan Dewan Pemeriksa. Dalam kesempatan tersebut, Budiharto mengusulkan Eko Suwardi (Ketua ISEI Cabang Yogyakakarta periode 2020-2023) menjadi ketua panitia pemilihan, dimana yang bersangkutan tidak dapat mencalonkan Kembali karena sudah menjabat 2 periode.

Hadir juga dalam rakor tersebut antara lain Wawan Harmawan (Penasehat), Rudy Badrudin (Wakil Ketua III), Bakti Wibawa (Wakil Ketua IV), Bambang P. Hadi (Bendahara I), dan Hari Kusuma (Wakil Sekretaris I). “Setelah rakor dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan pembagian doorprize”, jelas Y. Sri Susilo (Dosen FBE UAJY) dalam rilisnya kepada media cetak dan online. (*)