Ilustrasi paylater
Ekonomi, Fintech & UMKM

Tak melulu Negatif, Inilah Empat Manfaat Paylater yang Harus Diketahui

  • Ada banyak manfaat dari penggunaan paylater. Namun, dengan catatan Anda menggunakan layanan ini dengan cara bijak, tidak impulsif, dan sesuai dengan kebutuhan.
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA - Jika mendengar kata paylater, mungkin banyak orang akan berpikir kalau paylater itu digunakan untuk hal-hal yang konsumtif, seperti beli makanan, beli fashion kekinian, atau berbahaya karena bisa terjerat utang, dan berbagai masalah keuangan lainnya.

Apalagi sekarang, paylater sudah merambah di berbagai platform, termasuk e-commerce.

Padahal, ada banyak manfaat dari penggunaan paylater. Namun, dengan catatan Anda menggunakan layanan ini dengan cara bijak, tidak impulsif, dan sesuai dengan kebutuhan, ya!

 

1. Bisa Menjadi Instrumen Pembentuk Skor Kredit

Skor kredit adalah sistem penilaian yang diterapkan perbankan untuk melihat kelayakan atau kemampuan kamu sebagai calon debitur terhadap pinjaman yang diajukan. Bisa juga untuk mengakses berbagai fasilitas pinjaman lain.

Oleh karena itu, skor kredit termasuk aspek penting di masa depan, apabila Anda akan mengajukan pinjaman dalam jumlah besar. Ambil KPR misalnya. Tanpa adanya skor kredit yang baik, pengajuan KPR Anda bisa berpotensi gagal dan ditolak.

Inilah kenapa skor kredit harus dibangun sejak dini melalui berbagai instrumen kredit yang tersedia. Biasanya, orang cenderung mengenal kartu kredit sebagai satu-satunya instrumen pembangun skor kredit.

Namun saat ini paylater juga sudah bisa menjadi instrumen pembentuk skor kredit. Ditambah lagi, daftar dan cara mendapatkan paylater juga jauh lebih mudah dibandingkan daftar kartu kredit.

2. Bisa Digunakan untuk Pinjaman Darurat

Siapa bilang paylater hanya bisa digunakan untuk pembayaran di e-commerce atau outlet-outlet yang ada di mall? Saat ini, ada paylater yang memiliki fitur pinjaman tunai.

Ketika dalam keadaan mendesak dan butuh pinjaman segera, kita jadi kebingungan harus pinjam ke mana. Nah, paylater adalah salah satu cara yang bisa menjadi solusinya. 

3. Bisa Digunakan untuk Kebutuhan Selain Cicilan Barang

Selain cicilan barang dan pinjaman tunai, paylater juga bermanfaat untuk bertransaksi berbagai kebutuhan lain. Misalnya, untuk bayar tagihan PAM, PLN, pulsa, hingga akomodasi traveling.

4. Bisa Menjadi Alat Pengontrol Keuangan

Layanan paylater yang memiliki platform aplikasi, biasanya memiliki menu histori transaksi atau cicilan berjalan yang bisa dicek kapan saja. Dengan adanya menu ini, Anda bisa mengontrol pemakaian limit paylater supaya tidak melebihi kemampuan bayar Anda per bulannya.

Selain itu, paylater juga bisa bermanfaat bagi Anda yang fresh graduates, sebagai langkah awal yang mudah untuk mengelola utang. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dan tahu kapan harus berhenti memakai layanan ini.

Terlebih jika transaksi atau cicilannya dirasa sudah melebihi kemampuan bayar Anda per bulannya atau lebih dari 30% jumlah penghasilan per bulannya.

Selalu bijak dalam menggunakan paylater, ya! (*)