<p>Warga membeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Tiga Kesalahan Umum Saat Ramadan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

  • Inilah beberapa kesalahan umum saat Ramadan yang berdampak buruk pada kesehatan.
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Tidak terasa bulan Ramadan hanya tinggal menghitung hari saja. Pada bulan Ramadan ini umat muslim di berbagai negara seluruh dunia ikut menjalani ibadah puasa. 

Namun, ternyata ada kesalahan umum yang kerap dilakukan banyak orang saat Ramadan dan dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Berikut kesalahan yang harus Anda hindari.

3 Kesalahan Umum Saat Ramadan yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan

3 Kesalahan Umum Saat Ramadan yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan

1. Makan berlebihan saat berbuka puasa

Puasa seharian penuh memang dapat membuat tubuh jadi merasa lapar. Namun, tidak bijak jika Anda langsung makan berlebihan saat berbuka puasa.

Anda bisa mencoba berbuka puasa dengan kurma lalu berikan waktu beberapa menit untuk perut Anda agar bisa mencernanya lalu Anda bisa salat Maghrib terlebih dahulu.

Anda bisa mencoba menghangatkan perut dengan makan sup atau sayur dan hindari gorengan. Anda juga sebaiknya mengurangi makanan atau minuman mengandung gula.

2. Kebiasaan tidur yang buruk

Saat harus menjalani ibadah puasa, banyak orang ingin harinya cepat berlalu dengan tidur lebih lama dari biasanya agar tidak merasakan lapar. Namun, hal ini ternyata justru membuat tubuh jadi lebih lelah dan malas karena terlalu banyak tidur.

3. Melewatkan sahur

Melewatkan makan sahur dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Melewatkan sahur akan membuat tubuh jadi lebih lelah dan lapar keesokan harinya. Namun, ketika sahur, sebaiknya Anda tidak makan makanan asin dan pedas agar tidak mudah haus saat puasa.

 

Itu tadi beberapa kesalahan umum saat Ramadan yang berdampak buruk pada kesehatan.