Tim Formula Bimasakti UGM
Otomotif

Tim Mobil Formula Bimasakti UGM Sabet Banyak Juara di Italia

  • Beberapa penghargaan yang mampu dibawa pulang tim UGM diantaranya 1st Place Business Plan Presentation, Top 8 Overall, Top 5 Endurance, Top 6 Acceleration, Top 5 Skidpad, dan Top 5 Autocross.
Otomotif
Ties

Ties

Author

PARMA - Tim Mobil Formula Bimasakti Pegadaian Racing Team besutan Universitas Gajah Mada (UGM),  berhasil menyabet banyak penghargaan pada kompetisi Formula SAE Italia yang diadakan oleh SAE International dan Associazione Nazionale Filiera Industria di Automobilistica Sirkuit Riccardo Paletti, Parma, Italia. 

Beberapa penghargaan yang mampu dibawa pulang tim UGM diantaranya 1st Place Business Plan Presentation, Top 8 Overall, Top 5 Endurance, Top 6 Acceleration, Top 5 Skidpad, dan Top 5 Autocross.

“Namun, sekali lagi, Tim Bimasakti membuktikan bahwa Tim Bimasakti mampu setara dengan tim-tim formula student mancanegara,” ungkap Rizqia Dinda, salah satu anggota tim, dilansir ugm.ac.id, Jum’at 28 Juli 2023.

Salah satu kompetisi dalam kategori Business Plan Presentation tidaklah mudah, karena UGM harus bersaing dengan puluhan peserta dari berbagai universitas asing yang memiliki tingkat persaingan dan inovasi yang tinggi. 

Kompetisi ini diikuti oleh 78 tim formula student dari berbagai negara, termasuk Italia, Spanyol, Uni Emirat Arab, Iran, dan beberapa negara lainnya.

Dalam kategori Business Plan Presentation, tim Bimasakti berhasil mengungguli Università di Bologna dan Università degli Studi di Padova yang berasal dari Italia, dan menjadi tim formula student Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan terbaik dalam dua kompetisi berturut-turut, yaitu Formula Student Netherlands 2022 dan Formula SAE Italia 2023.

Untuk mencapai babak final, tim Bimasakti Pegadaian Racing Team harus melewati beberapa tahapan dalam FSAE Italia. Tahapan pertama adalah technical inspection, di mana mobil diperiksa untuk menentukan apakah lulus atau tidaknya untuk mengikuti Dynamic Event. 

Tim UGM berhasil melewati tahapan tersebut dalam waktu dua hari. Setelah itu, dilakukan breaker test dan noise test. Pada acara static event, tim Bimasakti Pegadaian Racing Team berhasil mencapai tahap selanjutnya dan maju ke babak final.

Keberhasilan yang diraih oleh Bimasakti Pegadaian Racing Team tak lepas dari upaya Departemen Teknis dan Operasional, serta dukungan dari pihak sponsor dan universitas. Dukungan ini sangat berarti dalam memperdalam riset, inovasi, dalam meraih prestasi. Selama kompetisi, tim Bimasakti juga menerima banyak bantuan dari Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Roma, dan rekan-rekan WNI yang tinggal di Italia, terutama di Parma.

Pencapaian gemilang dalam kompetisi internasional ini mendorong tim untuk terus mempersiapkan riset dan inovasi untuk generasi mobil formula berikutnya. 

 

Mereka berharap prestasi ini dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus semangat dalam berinovasi dan membawa nama bangsa ke tingkat yang lebih tinggi.