Jogja

Tingkatkan Respons Time, Basarnas Yogyakarta Buka Unit Siaga di Sleman

  • YOGYA, Jogjaaja.com Guna meningkatkan respons time dan kesiapsiagaan layanan, Basarnas Yogyakarta resmi membuka unit siaga Basarnas Sleman di Pakem Kabupaten Sl
Jogja
Leon

Leon

Author

YOGYA, Jogjaaja.com Guna meningkatkan respons time dan kesiapsiagaan layanan, Basarnas Yogyakarta resmi membuka unit siaga Basarnas Sleman di Pakem Kabupaten Sleman.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi mengatakan, unit Siaga Basarnas Sleman pertanggal 1 Maret 2024 kemarin sudah dibuka secara resmi dan aktif melayani masyarakat. "Lokasi Unit Siaga Sleman ini di Jalan Cangkringan KM.1 Pakem. Unit Siaga Sleman merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Basarnas Yogyakarta untuk meningkatkan respons time apabila terjadi kejadian yang membutuhkan pelayanan jasa pencarian dan pertolongan," jelasnya.

Unit Siaga Sleman ini bertujuan untuk bentuk kesiapsiagaan Basarnas Yogyakarta apabila terjadi kondisi darurat di sekitar wilayah Sleman, baik kecelakaan penerbangan , kecelakaan kendaraan, dan lain sebagainya.  

"Saat ini di Unit siaga Sleman disiagakan 5 rescuer ditambah 2 tenaga pendukung yang dilengkapi peralatan evakuasi seperti seperti alat ekstrikasi, peralatan HART (High Angle Rescue Tehnik) yang digunakan untuk evakuasi di medan vertikal dan lain sebagaianya," jelasnya.

Selain itu di Unit Siaga Basarnas Sleman juga dilengkapi peralatan underwater/alat selam, selain peralatan evakuasi Unit siaga Sleman juga dilengkapi dengan kendaraan operasional 1 unit Dmax Bak dan 2 unit motor trail.

"Kedepannya di Unit Siaga Basarnas Sleman juga akan di tempatkan 1 unit kendaraan Hugglund," ucapnya.

Kendaraan Hugglund yang akan ditempatkan di unit Siaga Basarnas Sleman berguna untuk kesiapsiagaan dan mengantisipasi jika Gunung Merapi mengalami erupsi. Karena kendaraan Hugllund memang di desain sebagai kendaraan evakuasi masyarakat dan dapat membawa logistik serta dapat digunakan di medan sulit. (*)