News

Tour de Prambanan 2022 Siap Digelar, Janjikan Suasana Berbeda

  • SLEMAN, Jogjaaja.com - Agenda balap sepeda akbar, Tour de Prambanan (TdP) 2022, akan diselenggarakan pada hari Sabtu (30/7/2022) dengan start dan finish di Lapa
News
Ties

Ties

Author

SLEMAN, Jogjaaja.com - Agenda balap sepeda akbar, Tour de Prambanan (TdP) 2022, akan diselenggarakan pada hari Sabtu (30/7/2022) dengan start dan finish di Lapangan Siwa, Candi Prambanan.

Tour de Prambanan 2022 sendiri merupakan agenda sport tourism, yang memadukan perlombaan balap sepeda dengan promosi pariwisata daerah.


Tahun ini, Tour de Prambanan terselenggara berkat kolaborasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dengan Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS), Ganefo Olympic Center (GOC), dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), sebagai rangkaian dari kegiatan Road to PORDA XVI DIY.

Ketua GOC Syukron Arif Muttaqin menyebut, penyelengaraan pada tahun ini akan berbeda dari pergelaran sebelumnya. Salah satunya dalam rute sepeda.

 

“Jika tahun sebelumnya hanya menyusuri Kabupaten Sleman, maka tahun ini akan balapan akan sampai ke Bantul dan Kulon Progo,” paparnya, dalam konferensi pers di Hotel Jayakarta, Rabu (27/7/2022).
“Kita juga menyediakan tiga check point dalam event ini, yakni di Bumirejo, Minggir, dan Tempel,” imbunya.

Nantinya, para pesepeda akan dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk rombongan berjersey warna kuning kategori road captain atau pemimpin balapan; warna hijau kategori racer (pebalap); dan warna biru adalah kategori penghobi.

“Untuk kategori pebalap, nantinya race akan dimulai di check point ketiga di Tempel, dengan medan naik sejauh 10 kilometer hingga sampai ke bunker Tunggul Arum,” jelasnya.

Selain rute balapan yang berbeda, Syukron juga menjelaskan bahwa panitia penyelenggara akan menyediakan hiburan di masing-masing check point.

Hiburan ini bertujuan sebagai pelepas lelah para peserta Tour de Prambanan, khususnya untuk kategori bukan pebalap.

“Di check point 1, kita akan menyediakan organ tunggal. Selanjutnya di check point 2 kami akan mengahadirkan Tari Badui, kesenian khas daerah Minggir,” katanya.
“Harapannya, peserta dapat menikmati event ini, sekaligus keindahan wisata Jogja.”

Kendati tampil berbeda dari penyelenggaraan tahun sebelumnya, Tour de Prambanan 2022 pun tetap menarik animo yang besar dari peserta.

Panitia penyelenggara mengonfirmasi, tahun ini Tour de Prambanan akan diikuti 1.270 peserta, yang mana 362 di antaranya adalah kategori pebalab, dan sisanya penghobi.

“Sebenarnya lebih dari itu, karena ada sekitar 740-an peserta lain yang mendaftar namun tidak bisa mengikuti agenda karena adanya pembatasan kuota,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Sleman Kus Endarto, Rabu (27/7/2022).

Peserta pun beragam, datang dari berbagai kalangan. Mulai dari pengusaha, pejabat, pegawai negeri sipil, dan para atlet profesional di Jogja.

 

Nantinya, para peserta ini akan mulai berkumpul pukul 05.15 di Lapangan Siwa, Candi Prambanan. Bapalan sendiri rencananya akan memakan watu sekitar 8 jam hingga pukul 14.00 WIB. (Eff)