Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/mad-formal-executive-man-yelling-at-camera-3760790/
TECHNO

Trending di Twitter Selebgram Bully Karyawan, Ini Tanda Bos Membully Anda

  • JAKARTA - Tengah trending dan ramai dibicarakan di Twitter tentang selebgram yang membully karyawan mulai dari gaji ditahan, ancaman melaporkan ke pihak berwaji
TECHNO
Ties

Ties

Author

JAKARTA, Jogjaaja.com - Tengah trending dan ramai dibicarakan di Twitter tentang selebgram yang membully karyawan mulai dari gaji ditahan, ancaman melaporkan ke pihak berwajib karena karyawan menagih gaji, ponsel yang dirusak, dan beberapa perlakukan tidak menyenangkan lainnya.

Sungguh disayangkan ketika pembulian terjadi di tempat kerja dimana seharusnya menjadi tempat yang aman bagi karyawan. Terlebih pelakunya adalah sang bos atau atasan.

Banyak orang tidak menyadari bahwa bos tengah membuli mereka, akhirnya mereka bertahan pada lingkungan kerja yang toxic dengan suasana kerja yang tidak mengenakkan.

Berikut ini, Tren Asia merangkum 8 tanda bos Anda membuli Anda melansir dari laman website Very Well Mind pada Jum'at (9/5/2023).

1. Menghambat Kesuksesan Anda

Pembully tidak ingin melihat Anda sukses karena jika Anda sukses, mereka akan kehilangan kendali atas Anda. Akibatnya, mereka mungkin menyalahkan Anda atas kesalahan yang bukan milik Anda atau mengungkit kesalahan masa lalu untuk mengalihkan kesalahan selama diskusi.

Mereka juga mungkin mempersulit proses promosi, transfer, atau pelatihan tambahan. Mereka bahkan mungkin mengontrol atau mengatur pekerjaan atau proyek Anda secara berlebihan. Pembully yang lebih manipulatif akan menjanjikan Anda promosi atau kenaikan gaji untuk membuat Anda bekerja ekstra, tetapi mereka tidak pernah memenuhi janji tersebut.

2. Mengintimidasi Anda

Perilaku mengintimidasi dapat berupa ancaman untuk memecat Anda sebagai cara untuk mempertahankan kekuasaan dan kendalinya. Bos yang mengintimidasi mungkin juga akan melakukan gerakan yang menyakiti Anda secara fisik. Contoh lain dari perilaku mengintimidasi termasuk memberikan tatapan mengintimidasi.

3. Mengganggu Privasi Anda

Beberapa bos mungkin memata-matai Anda atau bahkan menguntit Anda. Mereka mungkin membuka-buka percakapan pribadi Anda, membuka ponsel Anda, atau merusak barang-barang pribadi hingga peralatan kerja Anda.

4. Mengisolasi Anda

Bos pembully mungkin akan mengisolasi Anda secara sosial. Mereka meninggalkan Anda dari daftar acara dan tidak memasukkan Anda dalam acara perusahaan, acara olahraga, atau pertemuan setelah jam kerja. Mereka juga dapat menjadwalkan meeting ketika mereka tahu Anda sedang berlibur atau jadwal Anda bentrok.

Selain itu, mereka mungkin membuat keputusan penting saat Anda berada di luar kantor. Dan mereka mungkin menolak untuk mengizinkan Anda menghadiri rapat kerja atau makan siang kerja.

5. Mempertanyakan Kemampuan dan Komitmen Anda

Atasan yang menggertak dan mempertanyakan kemampuan Anda dengan meremehkan pendapat dan ide Anda bisa jadi tanba yang jelas bahwa mereka adalah pembully. Perilaku ini dapat terjadi secara pribadi atau di depan orang lain.

Bos yang mengintimidasi mungkin juga mempertanyakan komitmen Anda terhadap pekerjaan kecuali untuk terus menerus dan mengorbankan waktu pribadi. Meski begitu, Anda tidak pernah dianggap cukup dan menyenangkan hati mereka.

6. Menyebarkan Gosip Tentang Anda

Bos pembully sering berusaha keras untuk membuat orang lain terlihat buruk. Akibatnya, mereka mungkin bergosip dengan orang lain tentang pekerjaan Anda, penampilan Anda, kesehatan Anda, atau bahkan kehidupan pribadi Anda.

Terkadang, mereka berbohong tentang Anda untuk merusak reputasi Anda. Tujuan mereka adalah membuat orang lain percaya bahwa Anda pantas mendapatkan perlakuan tidak adil yang Anda terima.

7. Merusak Pekerjaan Anda

Pembully menetapkan waktu deadline yang tidak realistis yang pasti tidak dapat Anda capai.

Mereka menahan informasi yang diperlukan dan menyabotase kesuksesan Anda dengan menyebabkan proyek Anda terlambat. Menolak untuk menandatangani proyek atau tidak memberikan umpan balik yang dibutuhkan adalah taktik lain yang digunakan untuk merusak pekerjaan.

8. Secara Verbal Melecehkan Anda

Bos pembully kerap dikaitkan dengan seseorang yang mempermalukan karyawan di depan orang lain. Mereka mungkin berteriak, memaki, atau membentak Anda. Mereka mungkin membuat lelucon ofensif tentang Anda. Bos yang kasar secara verbal juga membuat komentar sinis atau memberikan kritik yang tidak adil.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 8 tanda bos tengah bully Anda. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 09 Jun 2023