Sleman

Warga Diminta Waspada, Terjadi Hujan di Puncak Merapi

  • SLEMAN, Jogjaaja.com - BPPTKG Yogyakarta melaporkan terjadi hujan di puncak Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY, Jumat (17/3/2023) sor
Sleman
Ties

Ties

Author

SLEMAN, Jogjaaja.com - BPPTKG Yogyakarta melaporkan terjadi hujan di puncak Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY, Jumat (17/3/2023) sore.

"Hujan di puncak Merapi tercatat mulai pukul 15.04 WIB dengan total curah hujan 32 mm. Saat ini hujan masih berlangsung," kata Kepala BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santoso.

Berdasarkan laporan BPPTKG dalam rentang periode pengamatan 06:00-12:00 WIB hari ini aktivitas guguran berjumlah 31 kali pada amplitudo 3-13 mm dengan durasi 20.1-133.2 detik. Adapun gempa vulkanik dangkal terjadi sebanyak satu kali di amplitudo 55 mm dengan durasi 13.6 detik.

"Sementara vulkanik dalam sebanyak satu kali dengan amplitudo 4 mm, S-P 0.4 detik dan durasi 8 detik," jelasnya.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

"Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya," pungkas dia.