Kegiatan merti dusun di Padukuhan Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul, DIY pada Sabtu (15/1/2022).
Budaya

Warga Padukuhan Krebet Bantul Kembali Gelar Tradisi Merti Dusun

  • Padukuhan Krebet yang terletak di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul masih terus berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan berupa merti dusun. Sabtu (15/1/2022), Padukuhan Krebet melaksanakan merti dusun.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Padukuhan Krebet yang terletak di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul masih terus berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan berupa merti dusun. Sabtu (15/1/2022), Padukuhan Krebet melaksanakan merti dusun.

Merti dusun merupakan upacara adat yang dilakukan masyarakat dengan cara bersih-bersih di lingkungan tempat tinggal, dilanjutkan dengan doa bersama. Pedukuhan ini sudah hampir 73 tahun melakukan kegiatan Merti Dusun setiap tahunnya. 

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo turut menghadiri Merti Dusun Padukuhan Krebet, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul mengapresiasi kegiatan merti dusun ini.

“Selain melestarikan budaya, juga menjadi ajang konsolidasi bagi masyarakat untuk mewujudkan kebersamaan dalam rangka pencapaian kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Bupati Bantul.

Menurutnya, budaya gotong royong dan kebersamaan ini menjadi pilar terwujudnya visi Kabupaten Bantul yang harmonis, sejahtera, berkeadilan menuju Bantul yang Projotamansari, berbudaya, sejahtera, demokratis, dan agamis.

“Dengan demikian maka masyarakat akan memiliki rasa handarbeni kepada padukuhan dan saling tolong menolong untuk mewujudkan kebersamaan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan,” pungkasnya. (*)