Jogja

Waspada, BMKG Yogya Prediksi Bebedapa Hari ke Depan Hujan Levat Masih Melanda

  • YOGYA, Jogjaaja.com  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi beberapa hari ke depan cuaca ekstrem masih melanda wilaya
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi beberapa hari ke depan cuaca ekstrem masih melanda wilayah DIY dan sekitarnya.

Hujan lebat disertai angin diainyalir bakal melanda sejumlah wilayah DIY dan masyarakat diminta untuk terus waspada.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan dari pantauan dinamika atmosfer saat ini terpantau adanya Bibit Siklon Tropis 94S di Samudera Hindia Selatan Jawa yang bergerak ke  tenggara, hal ini membentuk belokan angin (shearline) di wilayah Jawa termasuk D.I Yogyakarta.

"Didukung anomali suhu permukaan laut yang bernilai positif (+1 s/d +3) di Selatan Jawa serta tingginya kelembapan udara (>80 %) membuat pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan di wilayah DIY masih cukup kuat," jelasnya, Jumat (18/11/2022).

Kondisi cuaca pada 19 November besok disebutnya masih berpotensi mengalami hujan sedang - lebat di wilayah Utara DIY seperti Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian Utara, Bantul bagian Utara dan Gunungkidul bagian Utara.

Untuk tanggal 20 - 22 November 2022 masyarakat DIY juga diharapkan siaga dan waspada terhadap potensi hujan sedang - lebat yang lebih merata di wilayah DIY terutama pada siang - sore hari.

"Selain itu BMKG DIY juga menghimbau terhadap potensi gelombang tinggi (2.5 - 4.0 m) terutama pada tanggal 20 - 22 November 2022," katanya.

Masyarakat luas diminta untuk selalu memperbaharui kondisi cuaca lewat sumber resmi pengelola informasi cuaca dan media sosial terpercaya salah satunya bisa diakses melalui @infobmkgyia atau aplikasi infobmkg. (Anz)