Wedang uwuh, minuman khas Imogiri, Bantul.
Home

Wedang Uwuh Diburu Saat Pandemi, Ini Manfaatnya

  • JOGJA, Jogjaaja.com – Wedang uwuh menjadi minuman yang diburu di masa pandemi COVID-19. Minuman ‘sampah’ (karena dibuat dari rempah daun pala, daun kayu manis,
Home
Tyo S

Tyo S

Author

JOGJA, Jogjaaja.com – Wedang uwuh menjadi minuman yang diburu di masa pandemi COVID-19. Minuman ‘sampah’ (karena dibuat dari rempah daun pala, daun kayu manis, daun cengkeh, kayu secang, batang cengkeh, bunga cengkeh, kapulaga, jahe emprit segar, dan gula batu) ini dinilai memilik khasiat untuk meningkatkan imunitas. 

Apalagi menyeruput wedang uwuh di tengah dinginnya udara pagi di Jogja, sangat pas untuk menghangatkan badan. Minuman sehat ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari wedang uwuh:

Pertama, wedang uwuh bisa mengurangi mual. Jahe sebagai salah satu bahan utama dalam wedang uwuh sudah sejak lama terbukti dapat mengurangi rasa mual dan muntah.

Kedua, meredakan rematik. Selain memberikan warna merah pada wedang uwuh, kayu secang dinilai bisa menjadi obat rematik tradisional dan asam urat. 

Manfaat ketiga, wedang uwuh dapat meredakan nyeri. Adanya daun pala di dalam kemasan wedang uwuh dinilai bisa meredakan nyeri kronis. Selain daun pala, cengkeh dan jahe juga merupakan bahan wedang uwuh yang bersifat antiperadangan dan dapat mengurangi nyeri di tubuh. 

Selanjutnya, wedang uwuh bisa menurunkan gula darah. Jika dikonsumsi tanpa gula, kandungan jahe yang terdapat pada wedang uwuh bisa membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus sebagai penanda kadar gula darah jangka Panjang. Selain jahe, bahan lain seperti kayu manis, daun pala, dan cengkeh juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

Manfaat berikutnya dari wedang uwuh adalah kemampuannya dalam menyehatkan saluran pencernaan. Adanya cengkep dianggap mampu meredakan peradangan pada saluran pencernaan, sementara jahe dianggap efektif meredakan dyspepsia. 

Yang keenam, wedang uwuh menurunkan risiko terkena kanker. Kayu secang di dalam wedang uwuh dianggap memiliki potensi sebagai pencegah kanker karena memiliki kandungan brazilin, felonik, dan flavonoid. Sementara kandungan gingerol pada jahe dinilai bisa menurunkan risiko kanker seseorang. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

Manfaat lain dari wedang uwuh adalah mencegah kepikunan. Jahe merupakan dinilai memiliki sifat antioksidan sehingga bisa menghambat respon peradangan di otak. Sementara ekstrak pada kayu manis mengandung bahan bernama CEppt yang dapat menghambat gejala Alzheimer.

Selain manfaat di atas, minuman sehat ini juga berkhasiat menyembuhkan batuk, capek, masuk angin, pegal, dan kembung. Wedang uwuh sangat pas diminum dalam kondisi panas. (*)