Pantai Kukup, salah satu destinasi wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, DIY.
Budaya

Wisata Low Budget di Gunungkidul, Satu TPR Bisa Kunjungi Banyak Pantai

  • abupaten Gunungkidul dikenal memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Asyiknya lagi, wisata ke Gunungkidul cukup murah meriah.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

GUNUNGKIDUL, Jogjaaja.com – Kabupaten Gunungkidul dikenal memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Asyiknya lagi, wisata ke Gunungkidul cukup murah meriah. Bahkan kalau mau wisata yang low budget, kamu cukup membayar di satu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) untuk bisa berkunjung ke beberapa pantai.

Lalu, pantai apa sajakah yang bisa dikunjungi dengan hanya melewati satu TPR?

1. Pantai Baron

Pantai yang terletak di Kemadang, Gunungkidul ini menjadi gerbang TPR. Keindahan yang paling menonjol dari tempat ini adalah Menara Mercusuar berwarna putih yang ada di bukit sebelah kiri. Selain itu, keindahan alam dan wisata kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai kedua adalah Pantai Pok Tunggal. Ciri khas dari pantai ini adalah pohon duras yang tumbuh satu-satunya di tepi pantai. Garis pantainya Panjang, hamparan pasir putih cukup luas dan bersih. Di sini wisatawan bisa menikmati sunset. Kamu juga bisa nge-camp di pantai ini.

3. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang adalah pantai pasir putih yang memiliki area cukup luas. Pasir putihnya lembut, jadi kamu tidak perlu khawatir akan menginjak pecahan karang. Di pantai ini terdapat gazebo-gazebo yang disewakan untuk bersantai. Beberapa kuliner juga dijajakan di tepi pantai.

4. Pantai Kukup

Pantai Kukup juga terletak di wilayah Kemadang, Gunungkidul. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang menggulung dan menawan. Di pantai ini terdapat pemandangan khas berupa sebuah pulau karang  yang terdapat sebuah gardu pandang di atasnya. Setiap bulan Suro, pantai ini menjadi tempat berlangsungnya upacara adat Sedekah Laut.

5. Pantai Drini

Pantai Drini yang berada di Banjarejo, Gunungkidul terbilang cukup luas dasn bisa digunakan wisatawan untuk berjemur, berenang, dan bermain pasir. Air lautnya jernih, jadi wisatawan bisa menikmati pemandangan biota laut dengan jelas. Menariknya lagi, di sini terdapat wahana kano, snorkeling, dan surfing yang patut dicoba.

6. Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki beberapa spot surfing yang sangat terkenal. Garis pantainya landau dan ditaburi pasir putih dengan hempasan ombak yang jernih. Batu karang yang menghiasi sebagian besar bibir pantai menjadi rumah bagi ikan-ikan yang berwarna-warni. Ikan damselfish dan kepe-kepe dapat ditemukan dengan mudah diantara bebatuan karang. 

7. Pantai Indrayanti

Pantai ini berlokasi di Tepus, Gunungkidul. Pantai Indrayanti terkenal akan keindahan dan kebersihannya karena pengelola memperketat aturan soal buang sampah. Wisatawan dapat besantai di bawah payung-payung atau gazebo yang disewakan oleh pengelola. Ombak di pantai ini relative rendah, jadi aman untuk bermain air. Ada wahana jetski yang bisa kamu coba di sini.

8. Pantai Sundak

Pantai Sundak yang berada di Sidoharjo, Gunungkidul memiliki bibir pantai yang dangkal. Jadi kurang cocok untuk berenang. Dii sebelah utara pantai terdapat sebuah goa dengan tinggi 2 meter yang di dalamnya terdapa sumber air tawar. Jika kita berjalah sejah 40 meter kea rah laut, maka akan ditemukan ikan berwarna-warni yang bersembunyi di balik terumbu karang.

Itulah tadi pantai-pantai di Gunungkidul yang bisa kamu kunjungi dengan tarif masuk yang murah meriah. Cukup membayar satu di TPR, kamu bisa menikmati pemandangan mengasyikkan di pantai-pantai ini.