Suasana labuhan di Pantai Depok, Kamis (11/8/2022).
Budaya

Wujud Syukur Atas Limpahan Rezeki, Masyarakat Pesisir Pantai Depok Gelar Labuhan di Bulan Muharram

  • Warga di pesisir Pantai Depok, Kretek, Bantul mengadakan tasyakuran berupa labuhan di Pantai Depok pada Kamis (11/8/2022). Labuhan yang diadakan setiap tahun di bulan Suro atau Muharram, tepatnya pada Malam Jumat Kliwon ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat dan nelayan di Pesisir Pantai Depok atas limpahan rezeki yang telah diberikan Tuhan.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Warga di pesisir Pantai Depok, Kretek, Bantul mengadakan tasyakuran berupa labuhan di Pantai Depok pada Kamis (11/8/2022). Labuhan yang diadakan setiap tahun di bulan Suro atau Muharram, tepatnya pada Malam Jumat Kliwon ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat dan nelayan di Pesisir Pantai Depok atas limpahan rezeki yang telah diberikan Tuhan. 

Ketua Pelaksana Labuhan Pantai Depok Tarmanto mengatakan untuk memperingati tahun baru Islam, masyarakat Jawa banyak mengisi moment tersebut dengan berbagai macam kegiatan bernuansa adat yang kental. Rasa syukur dan doa  dipanjatkan agar di tahun-tahun berikutnya senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, dan rezeki yang melimpah kepada seluruh masyarakat dan nelayan yang berada di pesisir Pantai Depok.

“Kita berharap untuk tahun-tahun yang akan datang warga masyarakat TPI Mina Bahari Pantai Depok selalu diberikan kesehatan dan rezeki dari Allah SWT,” kata Tarmanto.

Beragam uba rampe, gunugan yang berisikan hasil bumi berupa sayur, buah-buahan dan umbi-umbian yang menjadi simbol rasa syukur atas berkah yang dilimpahkan juta turut diarak.

Acara juga dimeriahkan dengan pentas kesenian rakyat seperti reog jathilan, campur cari, dan lain lain. Dalam kegiatan tersebut juga dibagikan makanan berupa nasi gurih untuk para warga yang hadir di acara tersebut. (*)