Ekonomi, Fintech & UMKM

Yuk, Percantik Rumah dengan Terrazo

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Bantul merupakan jejaring kota kreatif dalam melakukan upaya pemasaran produk unggulan UMKM. Salah satu produsen dan grosir kerajinan tan
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Bantul merupakan jejaring kota kreatif dalam melakukan upaya pemasaran produk unggulan UMKM. Salah satu produsen dan grosir kerajinan tangan yang ada di Bantul yaitu Daffacraft yang berada di dusun tulung kecamatan pundong, bantul (13/3).

“Pada tahun 2003 saya mengawali mempelajari bagaimana kerajinan terazzo sendiri itu kita bikin, membuat sample dan mempromosikan kepada buyer dan direspon dengan baik hingga saat ini”, kata owner Daffacraft Panggung.

Panggung mengatakan bahwa untuk modal awal merintis usaha hanya Rp. 750.000,00.  Waktu itu, Dia bergabung dengan rekan sejawatnya.


“Bahan terrazzo campuran antara kalsium, batu kapur, kemudian semen dan butiran terrazzo itu sendiri terbuat dari pecahan marmer yang kita dapatkan dari Tulungagung, kalau semen dari pabrikan, kalsium dari gunung kidul”, katanya.

Dia menjelaskan selain pecahan marmer bisa juga menggunakan bahan pecahan dari granit, kaca, keramik. Sampai saat ini  Daffacraft membuat kerajinan produk berupa vas, washbasin, bathup, candle holder yang terbuat dari terrazzo. Terrazzo bisa juga dibuat pada dekorasi rumah seperti vas yang akan mempercantik interior rumah anda.

"Elemen dekorasi menyesuaikan pada konsep ruangan dan ini menjadi salah satu interior yang banyak di minati. Saat ini ada  15 karyawan yang membantu proses produksi," papanya.
 

Panggung menjelaskan oroses produksinya yaitu menyiapkan alat dan bahan kemudian campur dalam satu wadah lalu dicetak menggunakan alat cetak sesuai kebutuhan. Lalu masuk mesin gerenda untuk pemotongan dan  setelah jadi maka pengacian untuk menambal pori pori yang maasih terlihat. Kemudian tahap pengamplasan menggunakan air, sampai ke tahap finishing dan packing.


"Sistem pemasaran Daffacraft menggunakan promosi melalui website online dan dari mulut ke mulut yang membuat konsumen tau apa saja produk yang dibuat oleh Daffacraft," tandasnya. (*)

 

Helda Silvany Anindya  Peserta Program  Magang MBKM Universitas AMIKOM Yogyakarta